jogjapolitan.harianjogja.com - Kolaborasi Bersama Percepatan Atasi Penurunan Stunting di DIY

jogjapolitan.harianjogja.com - Kolaborasi Bersama Percepatan Atasi Penurunan Stunting di DIY

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama BPP Andalan Kelompok UPPKA (AKU) Nasional, BPD AKU DIY, BKKBN dan Yayasan berbagi Peduli menyelenggarakan kegiatan “Global Friendship for Prosperous Families: Zero Stunting for the Nation” yakni sebuah event penggalangan dana sosial bagi bantuan program percepatan penurunan stunting di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan pada Jum'at, 9 Juni 2023 mulai pukul 19.00 wib, Bertempat di Hotel Borobudur - Jakarta Pusat.

Global Friendship for Prosperous Families : "Zero Stunting for the Nation" Sebagai upaya dalam program percepatan penurunan stunting untuk mencapai target 14 persen pada tahun 2024, maka dibutuhkan suatu strategi dan kolaborasi lintas sektor dengan berbagai mitra baik di tingkat nasional hingga internasional.

GKR Mangkubumi, sebagai Ketua Badan Pengurus Pusat, Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) (BPP AKU), dalam sambutannya mengatakan stunting merupakan masalah serius di Indonesia, dengan sekitar 21,6% pada tahun 2022, anak Indonesia di bawah usia lima tahun terkena stunting. Oleh karena itu, diperlukan berbagai inisiatif dan kolaborasi berbagai pihak untuk menurunkan angka stunting tersebut.

Salah satu inisiatif penting adalah memberikan edukasi dan dukungan kepada ibu hamil dan ibu menyusui untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi dan perawatan yang tepat selama kehamilan dan masa menyusui. Juga mendorong praktik pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan anak, yang merupakan periode kritis untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Selain itu, inisiatif lainnya adalah penyebaran makanan yang kaya nutrisi kepada anak-anak di sekolah dan komunitas rentan. Dengan memberikan akses terhadap nutrisi yang lebih baik, harapannya bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mencegah terjadinya stunting. Selain itu juga diperlukan akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi, yang sangat penting untuk mencegah penyakit dan memastikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal.

GKR Mangkubumi mengajak semua pihak untuk bergabung dalam upaya ini. “Dukungan dan kontribusi dari berbagai pihak sangat berarti bagi keluarga-keluarga di Yogyakarta dan di seluruh negara kita. Mari kita bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik untuk generasi mendatang dengan keluarga yang sejahtera, kuat, dan bebas dari stunting.” Ungkap GKR Mangkubumi.

Senada dengan hal itu, GKR Bendara selaku ketua Badan Pengurus Daerah Asosiasi Kelompok UPPKS ( BPD AKU ) DIY  Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendoro, mengatakan melalui berbagai program yang dijalankan, seperti Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) dan program UPPKA, pihaknya berkomitmen untuk mengurangi angka stunting di wilayah D.I.Yogyakarta.

“Kami percaya dengan kerja sama dan solidaritas dari semua pihak, kita dapat mencapai tujuan bersama ini. Mari kita bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik untuk generasi mendatang dengan keluarga yang sejahtera, kuat, dan bebas dari stunting” ungkap GKR Bendara.

Kegiatan Global  Friendship for Prosperous Families: Zero Stunting for the Nation ini mengundang para Duta Besar dari negara-negara sahabat, mitra kerja BUMN, serta mitra swasta untuk mendukung program percepatan penurunan stunting di Indonesia. Acara ini memamerkan produk UMKM Unggulan Yogyakarta seperi Mimpi bags, Keewa Shoes dan HS Silver. Dimeriahkan juga dengan peragaaan busana koleksi Oscar lawalata culture, penampilan Tari dan lelang topeng oleh seniman Didi Ninik Thowok, serta lelang lukisan dari Pelukis terkenal Nasirun.

Sumber : Klik di sini.


Jumat, 30 Juni 2023 11:38 WIB
Administrator
202 Lihat kali

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Blog Terkait

News
20 November 2023 11:39

Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Capai 1.282 Kasus, Pemda DIY Gulirkan Gema Tiker

Pemda DIY meluncurkan buku Gerakan Bersama Anti Kekerasan (Gema Tiker). Buku saku ini menjadi mitigasi kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Lebih Detail
News
19 November 2023 18:35

Yogyakarta Bertekad Menuju Nol Kekerasan

Kepala Dinas Perlindungan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Erlina Hidayat Sumardi, menyatakan harapannya agar

Lebih Detail
News
19 November 2023 14:44

DP3AP2 DI Yogyakarta Luncurkan Buku 'Gema Tiker', Gerakan Bersama Anti Kekerasan

window.dicnf = {};(function(){'use strict';/* Copyright The Closure Library Authors. SPDX-License-Identifier: Apache-2.0 */ var q=this||self;function aa(a,b){a:{var c=["CLOSURE_FLAGS"];for(var d=q,e=0;e{throw a;},0)};var da=aa(610401301,!1),ea=aa(572417392,aa(1,!0));var r;const

Lebih Detail
News
18 November 2023 17:38

Kolaborasi Lintas Sektor Mampu Menangani Stunting di DIY

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menanggulangi stunting di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satunya adalah melalui kolaborasi antara Yayasan Berbagi

Lebih Detail